Pages

Rendang, Kuliner Primadona di Pesisir Australia

Ketenaran rendang di kancah internasional terbukti tidak butuh diragukan. Masakan yang sempat memuncaki daftar makanan paling enak sedunia versi CNN ini nyatanya menjadi salah satu makanan Indonesia yang paling disukai warga Gold Coast, Queensland, Australia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Surya Dharma (53), pemilik warung masakan Indonesia di Gold Coast bernama Lalah Bali. Pria asal Bali itu mengaku sudah hampir dua tahun ini berjualan beberapa masakan orisinil Nusantara, di antaranya rendang, kari ayam, ayam sisir jeruk purut, tahu jawa serta sayur-mayur, nasi campur, serta nasi goreng.

Rendang, Kuliner Primadona di Pesisir Australia


"Paling laris ya pastinya rendang. Tidak hanya itu, ayam sisir serta nasi goreng juga tidak sedikit dibeli," ujarnya saat berbincang dengan CNNIndonesia.com beberapa hari lalu, dalam agenda Sanctuary Markets-Friday Nights di The Village Green, Currumbin Wildlife Sanctuary.

Harga makanan yang dipasarkan Surya bervariasi, mulai AUS$7 hingga AUS$12 alias kurang lebih Rp70 ribu hingga Rp120 ribu. Harga tersebut tergolong lumayan murah bagi warga Australia. Sebabnya, tidak jarangkali terkesan antrian di depan warung Surya.

Anton (15), putra Surya yang turut menolong berjualan, membicarakan bahwa antrian biasanya mengular saat ayahnya membuka booth di festival makanan internasional yang digelar di China Town, Southport. Apabila sedang ramai serta cuaca mendukung, makanan yang dipasarkan Surya bisa ludes hanya dalam tempo kurang lebih tiga jam saja.

"Kalau di festival semacam di China Town, Southport begitu yang antri membeludak. Kan di sana tidak sedikit orang keturunan Asia. Tapi bule juga tidak sedikit. Mereka yang suka surfing ke Bali biasanya suka makanan kita," katanya.

Selain di festival-festival serta pasar malam, Surya mengaku tidak jarang diundang oleh Gold Coast City Council untuk membuka stand di acara-acara yang diselenggarakan, terutama yang berkaitan dengan pameran makanan internasional.

Surya membahas, selagi ini dirinya memperoleh bahan-bahan masakan dari Brisbane, bunda kota Queensland yang jaraknya kurang lebih satu jam dari Gold Coast. Di kota itu, menurutnya, bahan-bahan yang dipasarkan di tidak sedikit toko Asia lebih lengkap dibanding yang ada di Gold Coast.

"Bahan-bahannya bisa dari Brisbane, di toko alias di Vietnamese Community, komunitas orang Vietnam yang biasanya punya bahan masakan yang hampir sama dengan Indonesia," ujarnya.