Pages

Kondisi Medis Apa Saja yang Dapat Ditangani Oleh Dokter Spesialis Penyakit dalam Geriatri di Tangerang?


Geriatri merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus kepada kesehatan para lansia. Lansia disini adalah manusia dengan usia di atas 60 tahun dimana fungsi tubuhnya sudah tidak optimal lagi jika dibandingkan dengan yang masih muda. Lansia lebih mudah terkena penyakit baik karena faktor lingkungan maupun kondisi di dalam tubuh sendiri. Disinilah peranan dokter geriatri dalam memberikan upaya pencegahan sekaligus pengobatan terhadap masalah medis yang sering terjadi pada lansia. Sekarang dokter Geriatri sudah bisa Anda temukan di berbagai kota besar termasuk di Tangerang. Apa saja peranan Dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Tangerang dan dimana Anda bisa menemukannya?

Kondisi Medis Apa Saja yang Dapat Ditangani Oleh Dokter Spesialis Penyakit dalam Geriatri di Tangerang?

Dokter Geriatri membantu para lansia untuk bisa memiliki kesehatan yang optimal. Upaya ini dilakukan dengan tindakan pencegahan seperti merekomendasikan cara berolahraga yang tepat sesuai kondisi hingga pengobatan untuk penyakit atau masalah kesehatan yang sudah dimiliki oleh lansia. Karena kondisi tubuh yang sudah tidak muda lagi, lansia mudah memiliki penyakit seperti diabetes, hipertensi, kekakuan sendi, pengeroposan tulang, gangguan buang air hingga gangguan penglihatan. Meski sudah umum terjadi pada usia tua, namun bukan berarti tak perlu diobati. Agar para lansia tetap dapat menikmati masa senjanya dengan sehat, diperlukan kerjasama dari Geriatri, keluarga dan para perawat lansia secara aktif dan menyeluruh.

Sebagai subspesialis penyakit dalam, dokter geriatri dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pada lansia, seperti beberapa penyakit umum di bawah ini :

  1. Jantung.
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh lansia bahkan mengakibatkan kematiannya. Kasus yang paling banyak adalah tekanan darah tinggi yang menyebabkan kerja jantung semakin berat sehingga timbul komplikasi lainnya. untuk mengatasinya, geriatri akan memberikan obat anti hipertensi maupun mengajarkan olahraga senam jantung santai untuk para lansia sesuai dengan kondisinya.

  1. Masalah kesehatan tulang.
Di usia senja, lansia sudah tidak dapat memproduksi massa tulang sebagaimana mestinya. Tulang menjadi keropos dan sendi juga sudah minim pelumas sehingga aktivitas bergerak menjadi lebih sulit dilakukan. Jika hal ini terjadi, berikan asupan kalsium dari luar seperti melalui susu kaya kalsium.

  1. Demensia.
Demensia merupakan gangguan mental dan ingatan seseorang. Sebenarnya penyakit ini bisa juga terjadi pada siapa saja di usia produktif, namun memang lansia diatas 65 tahun lebih banyak mengalaminya, gangguan mental ini akan menyebabkan hilangnya daya ingat sehingga mengubah perilaku yang menyebabkan lansia membutuhkan pendampingan dalam kesehariannya.

  1. Diabetes.
Usia lanjut membuat beberapa produksi hormon mengalami masalah. Kondisi tersebut menyebabkan kontrol terhadap gula darah juga semakin berkurang. Karenanya para lansia mudah terkena diabetes terutama untuk diabetes tipe 2. Untuk cara mengatasinya, lakukan penerapan pola makan minim gula dan atur berat badan agar lansia tidak memiliki obesitas.

Untuk berkonsultasi tentang berbagai penyakit atau masalah kesehatan pada lansia, Anda dapat menemui Dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Tangerang. Dokter geriatri dapat praktek mandiri di rumah maupun klinik selain menerima pasien di rumah sakit. Jika Anda berlokasi di Tangerang, Anda dapat menemukan dokter geriatri dengan mudah di RS Karang Tengah Medika, RS An-Nisa, RS Medika BSD, RS Mitra Husada, RS Dr Sitanala, RSIA Pratiwi, RS Keluarga Kita, RS Medika Lestari, RS Aqidah Tangerang, RS Qadr dan RS Awal Bros Tangerang. Lakukan pendaftaran secara online atau telepon untuk mencegah Anda dan lansia menunggu terlalu lama di rumah sakit.